Tempatnya pengetahuan dasar tentang Islam

24 September 2019

TATA CARA PELAKSANAAN SHALAT ISTISQA'

TATA CARA PELAKSANAAN SHALAT ISTISQA' 
Shalat Istisqa' (istisqo') yaitu shalat dalam rangka meminta hujan. Shalat ini tergolong sebagai shalat sunnah yg dianjurkan oleh syariat Islam karena Nabi SAW melakukannya.

Shalat ini mempunyai aturan atau tata cara yg mirip dengn shalat hari raya. Dan tata cara selengkapnya adalah sebagai berikut:

1. Tiga hari sebelum pelaksanaan shalat Istisqa', Imam hendaknya memerintahkan jamaah masyarakat untuk bertaubat, bersedekah, keluar dari kezhaliman, berbuat baik pada musuh dan puasa tiga hari.

2. Pada hari keempat, imam keluar ke tanah lapang bersama masyarakat dengan memakai pakaian harian serta hati tenang dan tunduk.

3. Imam mengerjakan shalat dua raka’at bersama jamaah masyarakat seperti tata cara sholat ‘Id.

4. Setelah sholat dilanjutkan dengan berkhutbah, membalikkan selendangnya, serta memperbanyak do’a dan istighfar. 

5. Imam hendaknya berdo’a dengan do’a Rosulullah SAW.

6. Apabila air telah turun hujan, hendaknya masyarakat mandi di lembah dan bertasbih bila ada kilat dan petir.

Niat Shalat Istisqa' 

اُصَلِّيْ سُنَّةَ الْاِسْتِسْقاءِ رَكْعَتَيْنِ اِمِاماً/مَأْمُوْمًا لِلّٰهِ تَعَالَى

USHOLLII SUNNATAL ISTISQOO-I ROK`ATAYNI IMAAMAN/MA’MUUMAN LILLAAHI TA`AALAA

( Aku niat shalat sunnah Istisqa' dua raka`at, menjadi imam/makmum karena Allah Ta`ala.)

Do'a Setelah Shalat Istisqa'

"اللهم اجعلها سقيا رحمة ولا تجعلها سقيا عذاب ولا محق ولا بلاء ولا هدم ولا غرق 

اللهم على الظراب والآكام ومنابت الشجر وبطون الأودية اللهم حوالينا ولا عينا 

اللهم اسقنا غيثا مغيثا هنيئا مريئا مريعا سحا عاما غدقا طبقا مجللا دائما إلى يوم الدين اللهم اسقنا الغيث ولا تجعلنا من القانطين

اللهم إن بالعباد والبلاد من الجهد والجوع والضنك ما لا نشكو إلا إليك 

اللهم أنبت لنا الزرع وأدر لنا الضرع وأنزل عينا من بركات السماء وأنبت لنا من بركات الأرض واكشف عنا من البلاء ما لا يكشفه أحد غيرك اللهم إنا نستغفرك إنك كنت غفارا فأرسل السماء علينا مدرارا".

Artinya:

Ya Allah, jadikanlah hujan ini sebagai siraman yang membawa rahmat dan jangan menjadikannya sebagai siraman yang membawa adzab, kecelakaan, bencana, kehancuran, dan ketenggelaman. 

Ya Allah, (jadikanlah hujan ini) meresap di bukit dan onggokan tanah serta menyirami akar-akar tumbuhan dan lembah-lembah. Ya Allah, jauhkanlah dari kami dan janganlah menjadi bencana bagi kami. 

Ya Allah, (jadikanlah hujan ini) meresap di bukit dan onggokan tanah serta menyirami akar-akar tumbuhan dan lembah-lembah. Ya Allah, jauhkanlah dari kami dan janganlah menjadi bencana bagi kami. 

Ya Allah, turunkan kepada kami hujan deras, yang menyenangkan, mengalir luas lagi lebat dan merata sampai hari kiamat.

Ya Allah, turunkanlah hujan kepada kami dan janganlah jadikan kami termasuk orang-orang yang putus asa.

Ya Allah, sesungguhnya para hamba(Mu) dan negeri-negeri mengalami kelelahan, kelaparan, dan kesempitan yang tidak bisa kami adukan kecuali kepada-Mu.

Ya Allah, tumbuhkanlah untuk kami tanaman-tanaman dan perbanyaklah untuk kami susu (hewan peliharaan kami). Turunkanlah kepada kami berkah langit dan tumbuhkanlah untuk kami berkah bumi. Hilangkanlah musibah dari kami. Tidak ada yang mampu menyibakkannya selain Engkau. Ya Allah, kami memohon ampunan-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun. Turunkanlah kepada kami banyak hujan dari langit.


No comments: