Tempatnya pengetahuan dasar tentang Islam

13 November 2023

Doa Shalat Tahajjud dan Artinya, Lengkap

Inilah doa shalat tahajjud untuk dibaca setelah melaksanakan shalat tahajjud. Doa berupa teks Arab, disertai bacaannya dan artinya. Juga disertai audio visual (ink video ada di akhir tulisan) yg bisa ditonton di channel Taman Baca Virtual. Baiklah, selamat membaca dan menghayati maknanya.


اَللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ حَقٌّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ .اَللّٰهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اٰمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَ أَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَإِلٰهَ اِلاَّ أَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Bacaannya:

Alloohumma lakal hamdu anta qoyyimus samaawaati wal ardhi waman fiihinna, walakal hamdu anta malikus samaawaati wal ardhi waman fiihinna, walakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi waman fiihinna, walakal hamdu antal haqqu, wawa'dukal haqqu, waliqaa'uka haqqun, waqauluka haqqun, waljannatu haqqun, wannaaru haqqun, wannabiyyuuna haqqun, waMuhammadun shollalloohu 'alaihi wasallama haqqun, wassaa'atu haqqun. Alloohumma laka aslamtu, wabika aamantu, wa'alayka tawakkaltu, wailayka anabtu, wabika khooshomtu, wailaika haakamtu, faghfirlii maa qoddamtu, wamaa akhkhortu, wamaa asrartu, wamaa a'lantu, wamaa anta a'lamu bihii minnii, antal muqoddimu wa antal mu'akhkhiru laa ilaaha anta, walaa haula walaa quwwata illaa billaah."

Artinya:

"Ya Allah bagi Engkaulah segala puji, Engkaulah yang mengurus langit dan bumi serta apa yang ada pada keduanya. Bagi-Engkau segala puji, Engkau Penguasa langit dan bumi serta apa yang ada pada keduanya. Bagi-Engkau segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta apa yang ada pada keduanya. Dan bagi-Engkau segala puji, Engkau Maha benar, janji-Engkau adalah benar, pertemuan dengan-Engkau adalah benar, firman-Engkau adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar dan Nabi Muhammad SAW adalah benar serta hari kiamat adalah benar." Ya Allah hanya kepada-Engkau aku berserah diri, kepada-Engkau pula aku beriman, kepada-Engkau aku bertawakal, kepada-Engkau aku bertaubat, kepada-Engkau aku mengadu, dan kepada-Engkau aku meminta keputusan, maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang kemudian, serta apa yang kusembunyikan dan yang kulakukan dengan terang-terangan, dan apa yang lebih Engkau ketahui dariku, Engkau yang mendahulukan dan yang mengakhirkan, tiada Tuhan selain Engkau, dan tiada daya dan tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah."

Itulah doa shalat tahajjud untuk dibaca sesudah melaksanakan sholat tahajjud. Semoga dengan memahami arti atau terjemahannya, kita semakin khusyu' dalam berdoa dan dapat mempercepat terkabulnya doa kita. Amin ya Robbal 'Alamin.

*Keterangan:
-.Niat shalat tahajjud ada di tulisan sebelumnya. Bisa di klik disini ya.
- Tata cara pelaksanaan shalat tahajjud sama dengan shalat rawatib, hanya waktu pelaksanaannya harus setelah shalat 'isya setelah tidur, pada sepertiga malam terakhir.

Video terkait:


No comments: