Tempatnya pengetahuan dasar tentang Islam

18 August 2021

Asal Usul Shalat Jahriyah dan Sirriyah Dalam Islam

Inilah Asal Usul Shalat Jahriyah dan Sirriyah sebagai penambah pengetahuan kita tentang Islam.

Asal Usul Shalat Jahriyah dan Sirriyah

Dalam Islam, ada istilah Shalat Jahriyah dan Shalat Sirriyah. Keduanya, tentu ada asal usulnya. Ulasan tentang Asal Usul Shalat Jahriyah dan Sirriyah bisa disimak disini. Cakupannya adalah dari segi pengertian/maksud, asal usul, hikmah, dan referensinya. Mari kita telaah bersama.

Pengertian Shalat Jahriyah dan Sirriyah


Shalat jahriyah adalah shalat yang bacaannya dibaca keras/nyaring. Sedangkan shalat sirriyah adalah shalat yang bacaannya dibaca lirih/samar. Ketentuan yg sudah ditetapkan sebagai syariat ini dihukumi sunnah, berlaku utk shalat sendirian maupun shalat berjamaah.

Asal-usul Shalat Jahriyah dan Sirriyah


Bacaan keras atau pelan pada waktu yg ditentukan, berdasarkan keterangan Syeikh Ibrahim Al-Bajuri dalam kitabnya, Hasyiyah Al-Bajuri disebutkan:

Disunnahkan melirihkan bacaan ketika shalat Zhuhur dan Ashar karena pada zaman Nabi Muhammad SAW, orang Kafir Quraisy biasa menyakiti Nabi dan Shabatnya di dua waktu itu. Mereka juga sering mencaci Allah dan Rasulullah ketika mereka mendengar bacaan Al-Qur'an.

Maka orang Islam memilih melirihkan bacaan shalat Zhuhur dan Ashar demi menghindari kemungkinan yg lebih fatal. Dari sinilah asal usul shalat sirriyah.

Adapun di waktu Maghrib, orang Kafir Qurais sibuk dengn makan malam mereka, di waktu Isya' dan Shubuh mereka berisitirahat atau bersenang2. Mereka sibuk dgn kesenangan mereka sehingga tidak respek dgn ibadahnya orang Islam.

Kesempatan ini dimanfaatkan orang Islam utk beribadah semaksimal mungkin karena momennya tepat, sikonnya aman. Alhasil, bacaan shalat Maghrib, Isya' dan Shubuh dikeraskan atau dinyaringkan. Dari sinilah disunnahkan shalat jahriyah.

Sedangkan dalam shalat Jum'at dan Ied disunnahkan mengeraskan bacaan juga karena kedua shalat ini disyariatkan ketika keadaan sudah aman. Syariat shalat Jum'at dan shalat Ied yaitu ketika Nabi Muhammad SAW sudah hijrah ke Madinah.

Hikmahnya:

Disunahkan mengeraskan bacaan shalat pada malam hari karena malam merupakan waktu yg tepat berkholwat, yakni fokus beribadah. Oleh karenanya disunahkan mengeraskan bacaan utk menyempurnakan munajat seorang hamba kepada Allah, khususnya pada dua rakaat pertama. Karena pada umumnya, semangat orang yg shalat ada pada dua rakaat pertama.

Berbeda halnya dengan siang hari. Siang merupakan waktu sibuk dan berinteraksi dengan manusia. Oleh karenanya bacaan shalat di waktu siang sunnah dipelankan karena tidak ada tuntutan utk menyempurnakan munajat di waktu tersebut.

Referensi Shalat Jahriyah dan Sirriyah



حاشية البجيرمي على الخطيب - البجيرمي - ج ٢ - ص ٦٣-٦٤ - المكتبة الشاملة
قَوْلُهُ: (وَالْجَهْرُ بِالْقِرَاءَةِ) أَيْ وَإِنْ خَافَ الرِّيَاءَ بِخِلَافِ الْجَهْرِ خَارِجَ الصَّلَاةِ شَوْبَرِيٌّ. وَالْحِكْمَةُ فِي الْجَهْرِ فِي مَوْضِعِهِ أَنَّهُ لَمَّا كَانَ اللَّيْلُ مَحَلَّ الْخَلْوَةِ وَيُطْلَبُ فِيهِ السَّهَرُ شُرِعَ الْجَهْرُ فِيهِ طَلَبًا لِلَذَّةِ مُنَاجَاةِ الْعَبْدِ لِرَبِّهِ، وَخُصُّ بِالْأُولَيَيْنِ لِنَشَاطِ الْمُصَلِّي فِيهِمَا وَالنَّهَارُ لَمَّا كَانَ مَحَلَّ الشَّوَاغِلِ وَالِاخْتِلَاطِ بِالنَّاسِ طُلِبَ فِيهِ الْإِسْرَارُ لِعَدَمِ صَلَاحِيَّتِهِ لِلتَّفَرُّغِ لِلْمُنَاجَاةِ، وَأُلْحِقَ الصُّبْحُ بِالصَّلَاةِ اللَّيْلِيَّةِ لِأَنَّ وَقْتَهُ لَيْسَ مَحَلًّا لِلشَّوَاغِلِ عَادَةً. اهـ. ع ش عَلَى م ر. وَعِبَارَةُ اج: وَالْأَصْلُ فِيمَا ذُكِرَ «أَنَّ النَّبِيَّ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - كَانَ يَجْهَرُ بِالْقِرَاءَةِ فِي الصَّلَوَاتِ كُلِّهَا فِي الِابْتِدَاءِ، فَكَانَ الْمُشْرِكُونَ يُؤْذُونَهُ وَيَسُبُّونَ مَنْ أَنْزَلَهُ وَمَنْ أُنْزِلَ عَلَيْهِ فَأَنْزَلَ اللَّهُ {وَلا تَجْهَرْ بِصَلاتِكَ وَلا تُخَافِتْ بِهَا} [الإسراء: ١١٠] » الْآيَةَ. أَيْ لَا تَجْهَرْ بِصَلَاتِك كُلِّهَا وَلَا تُخَافِتْ بِصَلَاتِك كُلِّهَا {وَابْتَغِ بَيْنَ ذَلِكَ سَبِيلا} [الإسراء: ١١٠] بِأَنْ تَجْهَرَ بِصَلَاةِ اللَّيْلِ وَتُخَافِتَ بِصَلَاةِ النَّهَارِ، فَكَانَ يُخَافِتُ فِي الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ لِأَنَّهُمْ كَانُوا مُسْتَعِدِّينَ فِي هَذَيْنِ الْوَقْتَيْنِ، وَيَجْهَرُ فِي الْمَغْرِبِ لِشُغْلِهِمْ فِيهِ بِالْأَكْلِ وَالْعَشَاءِ، وَالصُّبْحِ لِكَوْنِهِمْ رُقُودًا، وَفِي الْجُمُعَةِ وَالْعِيدَيْنِ لِأَنَّ إقَامَتَهُمَا كَانَتْ بِالْمَدِينَةِ وَمَا كَانَ لِلْكُفَّارِ فِيهَا مِنْ قُوَّةٍ. وَهَذَا الْعُذْرُ وَإِنْ زَالَ بِغَلَبَةِ الْمُسْلِمِينَ فَالْحُكْمُ بَاقٍ لِأَنَّ بَقَاءَهُ يُسْتَغْنَى بِهِ عَنْ بَيَانِ السَّبَبِ لِأَنَّهُ خُلِّفَ عَنْهُ عُذْرٌ آخَرُ هُوَ كَثْرَةُ اشْتِغَالِ النَّاسِ فِي هَاتَيْنِ الصَّلَاتَيْنِ دُونَ غَيْرِهِمَا، وَقَدْ انْعَقَدَ الْإِجْمَاعُ عَلَى الْجَهْرِ فِيمَا ذُكِرَ اهـ.
حاشية الباجوري شرح ابن قاسم - الباجوري - ج ١ - ص ١٧٤ - المكتبة الحرمين
قوله الصبح)إنما طلب الجهر فيها مع أن الكفار كانوا حين سماعهم القرآن في صلاة النبي صلى الله عليه و سلم يسبون من أنزله و من أنزل عليه كما مر لأنهم يكونون في هذه الوقت نائمين و لذلك طلب الجهر في العشاء أيضا و في نهارية مقضية ليلا أو وقت صبح و أما المغرب فطلب الجهر فيه لأنهم كانوا يشتغلون في وقته بالعشاء و أما الجمعة و العيد فلأنه صلى الله عليه و سلم أقامهما بالمدينة و لم يكن للكفار فيها قوة و لما كانوا مستعدين للإيذاء في وقتي الظهر و العصر طلب الإسرار فيهما بل و في الليلة المقضية نهارا و هذا السبب و إن زال لكن الحكم المترتب عليه باق لأنه الحكمة المشروعية و الحكمة لا يلزم دوامها
وَيُسَنُّ أنْ يجهَرَ في صلاةِ الجُمُعةِ بالقراءةِ
عن الضَّحَّاكِ بنِ قَيسٍ، أنه سألَ النعمانَ بنَ بَشيرٍ: ماذا كان يقرأ به رسولُ اللهِ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم يومَ الجُمُعةِ على أَثرِ سورةِ الجُمُعة؟ قال: كان يَقرأُ بـهَلْ أَتَاكَ حَدِيثُ الغَاشِيَةِ

Demikian Asal Usul Shalat Jahriyah dan Sirriyah. Semoga menjadi tambahan pengetahuan tentang dasar Islam, khususnya tentang shalat.

Judul lainnya bisa dicek di > Menu  > Daftar Isi > Label > Judul tertuju 

No comments: