Tempatnya pengetahuan dasar tentang Islam

12 September 2023

Ciri-Ciri Fisik Nabi SAW Menurut Sahabat

Inilah tulisan tentang ciri-ciri fisik Nabi Muhammad, Rasulullah SAW menurut Sahabat. Artikel ini merupakan deskripsi sekilas tentang penampilan fisik Nabi Muhammad SAW yang tercatat dalam sejumlah riwayat hadits. Hal ini termasuk bahasan penting dalam Islam karena dapat menambah keimanan dan kecintaan terhadap nabi junjungan umat Islam.

Diharapkan, artikel ini bisa menambah wawasan pengetahuan kita terhadap Islam, khususnya mengenai sosok pembawa ajaran Islam di muka bumi ini, yakni Nabi Muhammad SAW. Baiklah mari kita pelajari bersama dari berbagai sumber informasi hadits beeikut ini.


Ciri-Ciri Fisik Nabi Muhammad SAW Menurut Sahabat

1. Rambut lurus, sedikit bergelombang
2. Wajah cenderung agak bulat, cerah seumpama purnama
3. Bola mata hitam, sejuk dipandang
4. Alis lengkung dan tebal, serasi dengan panjang bulu mata
5. Hidung mancung, tampak agak melengkung karena cahayanya.
6. Bibir tipis, aroma mulut harum
7. Gigi depan tidak terlalu rapat, apabila berbicara tampak bercahaya
8. Bahu kokoh seakan dibuat dari perak
9. Tangan lebar, jemari lentik
10. Dada kekar, terdapat bulu halus hingga pusar
11. Kulit cerah, tidak putih sekali namun tidak hitam
12. Badan tegap, tidak terlalu tinggi tapi tidak pendek
13. Kaki padat dan kuat, jemari kaki memanjang

Pernyataan Sejumlah Sahabat Nabi

"Sudah jelas aku melihat Rasulallah mencat rambutnya dengan henna dan itulah sebabnya akupun mencat rambutku dengan henna." (HR. Bukhari, Juz I No.167)

"Rasulullah memiliki jari-jemari tangan dan kaki yang tebal tapi lentik memanjang." (HR. Ahmad, dari Ali bin Abi Thalib )

"Suatu ketika Rasulullah SAW. dihadapkan sebuah wadah berisikan air, kemudian beliau meminumnya dan meludah di dalam wadah tersebut. Wadah itu kemudian dituangkan ke dalam suatu sumur, dan tiba-tiba sumur tersebut merebak akan aroma harumnya. (HR. Ahmad Musnad No.18084, dari Wail bin Hajr ra)

"Gigi depan Rasulullah saw, agak renggang, tidak terlalu rapat dan jika beliau berbicara tampak putih berkilau." (Diriwaayatkan oleh Ibnu Abbas dari Said al Jahiri).

“Gigi depan Rasulullah SAW. tampak renggang. Ketika berbicara, diantara gigi depan beliau itu seperti keluar cahaya” (H.R. Tirmizi).

"Rasulullah SAW. memiliki bibir yang tipis dan ada sela di gigi serinya. (Hind bin Abi Halah dari Ibn Sa’ad)

"Rasulullah saw tidak tinggi tapi tidak pendek. Telapak tangan dan kaki beliau padat berisi. Beliau memiliki kepala yang agak besar dan kuat. Beliau memiliki bulu-bulu halus di dada sampai pusar. Jika beliau berjalan, langkahnya seakan-akan seperti turun meloncat. Saya belum pernah melihat orang seperti beliau di antara sahabat ataupun orang-orang yang datang sesudah wafatnya beliau. (Riwayat dari Ali bin Abi Thalib).

"Aku melihat sang Nabi dan Al-Hasan bin Ali tampak mirip beliau. "Aku berkata pada Abu Juhaifa, "Coba gambarkan tentang perawakan nabi kepadaku." Dia berkata, "Beliau berkulit putih dan jenggotnya hitam dengan uban putih. Beliau pernah berjanji memberi kami 13 ekor unta betina, tapi beliau wafat terlebih dahulu sebelum kami menerimanya." (HR. Bukhari Juz 4 No.744, dari Abu Juhaifa dari Ismail bin Abi Khalid)

"Rasulullah saw. bertubuh sedang, warna kulit cerah, tidak putih sekali namun tidak hitam. Rambut beliau termasuk lurus tapi agak ikal. Allah Ta’ala mengangkat beliau sebagai Nabi ketika berusia 40 tahun. Sesudah itu beliau sempat tinggal di Mekah selama 13 tahun. Lalu beliau di Madinah selama sepuluh tahun. Allah memanggil beliau ke hadirat-Nya pada umur 63 tiga tahun. Saat itu baru sedikit saja uban yang tumbuh di rambut dan janggut beliau." (Diriwayatkan oleh Anas bin Malik).

"Rambut Rasulullah lurus dan sedikit berombak. Beliau tidak berperawakan gemuk dan tidak pula tampak terlalu berat, beliau berperawakan baik dan tegak. Warna kulit beliau cerah, bola mata beliau hitam pekat dengan bulu mata yang panjang. Sendi-sendi tulang beliau kuat dan dada beliau cukup kekar, demikian pula tangan dan kaki beliau. Badan beliau tidak berbulu tebal, tetapi hanya bulu-bulu tipis dari dada ke bawah sampai di pusar. Jika beliau sedang berhadapan dengan seseorang, maka beliau akan mengarahkan wajah beliau ke orang tersebut dengan penuh perhatian. Di antara tulang belikat beliau ada tanda kenabian. Beliau adalah orang yang paling baik hati, paling jujur, paling dirindukan dan sebaik-baik keturunan. Siapa saja mendekati beliau akan langsung merasa hormat dan segan. Dan siapa yang bergaul dengan beliau akan langsung menghargai dan mencintai. Saya belum pernah melihat orang lain seperti beliau. (Diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalib).

"Rasulullah SAW memiliki pribadi mulia dan diakui sangat istimewa dalam pandangan orang yang pernah melihatnya. Wajah beliau bercahaya seterang bulan purnama. Beliau sedikit lebih tinggi dari rata-rata kami tetapi lebih pendek dari orang yang jangkung. Kepala beliau lebih besar dari rata-rata, dan rambut beliau agak keriting atau bergelombang. Jika dapat dikuak, maka beliau kuak, Jika tidak dapat dikuak maka beliau membiarkan saja. Saat rambut beliau agak panjang, akan mencapai telinga beliau. Kulit beliau berwarna cerah dan dahi beliau lebar. Alis mata beliau lengkung hitam dan tebal, di antara alisnya tampak urat darah halus yang berdenyut bila emosi atau bergairah. Hidung beliau mancung dengan bagian atas yang bercahaya sehingga orang yang tidak memperhatikan dengan cermat akan mengira bahwa hidung beliau bengkok. Beliau berjanggut tipis tetapi penuh, rata sampai di pipi. Mulut beliau sedang, gigi putih cemerlang dan agak renggang. Pundak bagus dan tampak gagah, seperti dibuat dari perak. Anggota tubuh beliau yang lain serba normal dan proporsional. Dada dan pinggang beliau seimbang ukurannya. Daerah di sekitar tulang belikat beliau cukup lebar, dan tampak gagah. Bagian-bagian tubuh beliau yang tidak tertutup bulu lebat satupun tampak bersih dan bercahaya. Kecuali bulu-bulu halus yang tumbuh dari dada sampai ke pusar. Lengan dan dada bagian atas beliau berbulu. Pergelangan tangan beliau cukup panjang, telapak tangan beliau agak lebar serta baik telapak tangan maupun kaki beliau padat berisi, jari-jari tangan dan kaki beliau cukup langsing. Telapak kaki beliau cukup lengkungannya dan atasnya halus serta bagus bentuknya, sehingga saat beliau mencucinya, maka air akan meluncur cepat ke bawah. Jika berjalan, beliau melangkah dengan posisi badan agak condong ke depan, tetapi beliau melangkah dengan anggun. Langkah beliau panjang dan cepat serta terlihat seperti melompat dari suatu ketinggian. Jika beliau sedang berhadapan dengan seseorang, maka beliau memandang orang itu dengan penuh perhatian. Pandangan beliau selalu ditundukkan sesuai anjuran Al Quran, beliau lebih sering melihat ke bawah daripada melihat ke atas. Beliau tidak pernah memelototi seseorang, pandangan mata beliau selalu menyejukkan. Beliau juga selalu berjalan agak di belakang, terutama saat melakukan perjalanan jauh. Dan beliau selalu lebih dulu menyapa orang yang ditemuinya di jalan." (Diriwayatkan oleh Hind bin Abi Halah ra, dari Hasan bin Ali).

Rasulullah saw memiliki mulut yang agak lebar, di mata beliau terlihat juga garis-garis merahnya. Dan tumit beliau langsing. Saya berkesempatan melihat Rasulullah saw di bawah sinar rembulan, dan saya memperhatikan pula rembulan tersebut, bagi saya beliau lebih indah dari rembulan tersebut." (Diriwayatkan Jabir bin Samurah)

“Apakah rona wajah Rasulullah saw, cemerlang seperti pedang yang mengkilap?” Ia menjawab “Tidak! tetapi lebih mirip dengan purnama yang cerah.” (Diriwayatkan oleh Abu Ishaq dari Bara’a bin Aazib).

"Rasulullah begitu rupawan, seperti dibentuk dari perak. Rambut beliau cenderung berombak. Saya belum pernah melihat orang yang lebih baik dan lebih tampan dari Rasulullah saw. Raut wajahnya secemerlang matahari. Saya tidak pernah melihat orang yang berjalan secepat beliau. Seolah-olah bumi ini digulung oleh langkah-langkah beliau ketika sedang berjalan, walaupun kami berusaha mengimbangi jalan beliau, padahal beliau tampak seperti berjalan santai saja." (Diriwayatkan oleh Abu Hurairah)

“Sekarang ini tidak ada lagi yang tinggal (masih hidup) yang pernah melihat diri Rasulullah, kecuali saya.” Maka saya (Said ra.) berkata padanya: “Gambarkanlah kepadaku.” Ia menjawab, “Rasulullah saw, itu roman mukanya sangat cerah dan perawakannya sangat baik. (Diriwayatkan oleh Said al Jahiri dari Abu Taufik).

Itulah tulisan tentang ciri-ciri fisik Nabi Muhammad, Rasulullah SAW menurut Sahabat. Mudah2an tulisan ini bermanfaat untuk menambah wawasan pengetahuan kita tentang islam dan meningkatkan kualitas iman kita, terutama kepada Nabi pembawa agama Islam, Nabi Muhammad SAW. Amin.



No comments: