Tempatnya pengetahuan dasar tentang Islam

28 January 2019

SYARAT DAN RUKUN PUASA DISERTAI KETERANGAN


Puasa adalah menahan diri dari makan, minum, dan jimak sejak terbitnya fajar hingga tenggelamnya matahari. Puasa merupakan rukun Islam yang ketiga. Hukum pelaksanaannya yaitu wajib; berdasarkan perintah Allah dalam Al Quran yg mana telah ditetapkan sebagai syariat agama.

Kalaupun ibadah puasa itu wajib, tapi ada orang Islam yg tidak dibebani kewajiban melaksanakannya, diantaranya yaitu anak2 dan orang sakit parah. Uraian lebih lengkapnya ada di bawah nanti.

Baiklah, yuk kita langsung saja ketahui tentang syarat dab rukun puasa secara mendasar, berdasarkan bab atau bagian2nya sebagaimana berikut:

✔ SYARAT WAJIB PUASA

Syarat wajib puasa ada 5, yaitu:

1. Islam.
2. Mukallaf (terbebani kewajiban).
3. Kuat berpuasa.
4. Sehat.
5. Mukim (bukan musafir).

Keterangan:

- Allah berfirman:

أَيَّامًا مَعْدُودَاتٍ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

(Yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barang siapa diantara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib menggati atau qadha) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan orang miskin. Tetapi barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka ia lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (QS. Al-Baqarah: 184)

✔ SYARAT SAH PUASA

Syarat sah puasa Ramadhan ada 4, yaitu:

1. Islam.
2. Berakal.
3. Suci dari seumpama darah haidh.
4. Dalam waktu yang diperbolehkan untuk berpuasa.

✔ RUKUN-RUKUN PUASA

Rukun Puasa ada 4, yaitu:

1. Niat
2. Menahan diri dari makan dan minum sejak terbit fajar sampai matahari tenggelam
3. Menahan diri dari jima'
4. Menahan diri dari muntah
-----------------
Keterangan:

* Mukallaf adalah sebagai syarat wajib puasa. Definisi Mukallaf ialah orang yg sudah terbebani kewajiban agama karena sudah mencapai umur (baligh) atau dng tanda mimpi basah.Maka anak2 tidak terbebani kewajiban berpuasa.

* Termasuk syarat sah puasa yaitu suci dari seumpama haidh, maksudnya sama dengan haidh yaitu nifas dan wiladah. Wanita yg mengalaminya, tidak boleh (haram) berpuasa di hari2 itu tetapi menggantinya di luar Ramadhan nanti.

* Niat puasa dibaca di malam hari, boleh dari waktu ba'da Maghrib sampai sebelum terbit fajar (qabla Shubuh).

No comments: